Kabupaten Labuhanbatu

LogoSelamat datang di situs Kami, Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu. Untuk mencari informasi yang diinginkan, gunakan menu yang telah disediakan.
Silahkan melihat profil Kami

Detail Profil Dinas Pendidikan

Jadwal Sholat Hari Ini

Shubuh 04:55
Fajar 06:11
Dzuhur 12:15
Ashar 15:16
Maghrib 18:18
Isya 19:27
Berlaku untuk Kota Rantauprapat Jarak : 6827.527 km ke Mekah generated by Adzan ver 3.0.0

Login Form



Blog Sekolah

Statistik Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini535
mod_vvisit_counterMinggu ini2530
mod_vvisit_counterBulan ini8709
mod_vvisit_counterSeluruhnya1302636

Pengunjung: 5 tamu online
IP anda: 54.166.8.138
 , 
Hari ini: Sep 18, 2014
Beranda

Data Pokok Pendidikan Sebagai Prasyarat Penyaluran Bantuan dan Program

dapodik
Penjaringan data yang dilakukan pada tahun 2012 memiliki banyak manfaat. Selain berpedoman pada prinsip efektifitas, kevalidan, lengkap, cepat, dapat dipertanggung jawabkan, dan termuktakhir, data ini juga mudah diakses oleh semua pihak yang berkepentingan karena dipusatkan pada satu sumber dengan aplikasi yang user friendly. Tingkat kevadilannya pun terjamin karena memlalui tahap verifikasi yang berlapis dan akurat dengan pendampingan yang intensif.

Tingkat vadilitas menjadi acuan utama pendataan dengan sistem ini. Pada tahun sebelumnya untuk mengetahui tingkat keberhasilan program BOS tim evaluasi dan monitoring menggunakan data peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM). Menurut Suhadi Lili. Pembicara dalam Training of Trainer Sistem Pendataan Pendidikan Dasar. APK dan APM merupakan produk dari model pendataan yang bersifat agregat. Model Agregat tidak layak untuk pengambilan keputusan persatuan pendidikan. PTK (Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) atau peserta didik karena data tersebut kurang relavan.

Data agregat hanya diperdulikan untuk perencanaan, namun tidak baik bila digunakan untuk tahap eksekusi dan pengendaliannya. Data agregat dinilai tidak memadai karena data itu masih dapat diperdebatkan keakuratannya atau debatable. Baik APK maupun APM tidak melalui prosesverifikasi yang sempurna, yang muncul kemudian data sepakat bukan data akurat.

Tim yang bertugas malakukan pendataan sering kali tidak tuntas dalam pekerjaannya. Hal ini dapat dilihat dari ketidaklengkapannya data. Orang cenderung ingin pekerjaannya cepat selesai. Akhirnya data tidak lengkap lantaran banyak isian yang luput diisi.

Penjaringan data tidak hanya mengutamakan validitasnya, tetapi juga harus selesai tepat waktu agar dapat digunakan untuk tahun berikutnya sebagai dasar Mendikbud. Pada bulan September hingga bulan oktober data awal hasil transaksi tentang siswa. Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Serta institusi/sekolah sudah harus tersedia oleh Karena itu teman-teman harus bekerja keras. Demikian ujarnya memberikan semangat kepada tim yang bertugas dalam pendataan.


Manfaat Hasil Penjaringan Data

Hasil penjaringan data pokok pendidikan dapat digunakan untuk kegiatan Kemdikbud dengan skala nasional. Data ini menjadi dasar perencanaan evaluasi. Semua keputusan yang diambil pimpinan didasarkan pada keakuratan data ini. Untuk itu data diusahakan selalu akurat dan lengkap

Dan kebijakan nasional serta dasar bagi pemerintah pusat dan daerah dalam pemberian bantuan kepada sekolah. Program yang berkaitan dengan data ini antara lain bantuan Operasional Sekolah, Rehabilitasi ruang kelas, Dana Alokasi Khusus, Subsidi/tunjangan bagi guru dan lain-lain.

Semua keputusan yang diambil pimpinan didasarkan pada keakuratan data ini, untuk itu didata diusahakan selalu akurat dan lengkap. Akurasi data tersebut misalnya ihwal perpustakaan. Dengan melihat data yang terjaring dapat diketahui berapa jumlah perpustakaan yang dimiliki SD dan SMP. Beberapa sekolah yang belum memiliki perpustakaan dan bagaimana kondisi perpustakaan tersebut.

Kalendar Kegiatan

September 2014
M T W T F S S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 1 2 3 4 5

Kurs Mata Uang

Sosial Media

Facebook Image

Jajak Pendapat

Prioritas apa yang perlu ditingkatkan bidang Pendidikan ?






 

Berita Terbaru

Tanya Jawab Aplikasi Dikdas

Tanya Jawab =============================... Selengkapnya...