Beranda

Aplikasi Pendataan Dikdas

PDF Cetak Surel

aplikasiDalam upaya pemerataan kesempatan memperoleh pediidkan dan meningkatkan mutu pendidikan serta pembangunan pendidikan yang tepat sasaran sesuai dengan kondisi kebutuhan real sampai ke tingkat satuan pendidikan maka diperlukan upaya untuk memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya.

Informasi yang akurat dapat diperoleh dari data yang valid dan shahih. Validasi data yang berangkat dari data individual entitas pendidikan adalah hal yang mutlak diperlukan untuk memenuhi sasaran pembangunan pendidikan yang tepat sasaran. Hal ini agar penyaluran bantuan maupun penyusunan perencanaan pendidikan sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan.

Pendataan yang terintegrasi dan bersifat individual dari tiga entitas data yaitu Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Peserta didik jenjang dasar adalah upaya menuju hal tersebut. Semangat yang terbangun adalah penjaringan data untuk Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar bersumber dari satu pintu pendataan, sehingga tidak terjadi duplikasi data.

Dengan terbitnya Instruksi Menteri Pendidikan Nasional No.2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan telah mengatur peran dan fungsi dari masing-masing unit kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari pusat sampai dengan tingkat satuan pendidikan. Dengan demikian tugas dan fungsi masing-masing unit kerja telah diatur dalam instruksi menteri tersebut.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 51 Tahun 2011, tentang petunjuk teknis penggunaaan dana Bantuan Operational Sekolah dan Laporan Keuangan Bantuan Operational Sekolah Tahun Anggaran 2012 telah tegas melampirkan instrumen pendataan individual dan terintegrasi sebagai bagian dari proses penyaluran dana BOS.

DSC00050 resize
Sebagai bentuk teknis operational pendataan telah disusun Prosedur Operational Standar yang menjadi acuan kerja bagi setiap unit terkait pendataan individual dan terintegrasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Dengan demikian diharapkan POS Pendataan Pendidikan Dasar menjadi pedoman bagi semua pihak yang telibat sehingga pendataan Pendidikan Dasar berjalan dengan yang diharapkan.

Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat, valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir. Data dari sekolah akan digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan.

Data yang diperoleh dari sekolah akan digunakan untuk dasar perencanaan, evaluasi dan kebijakan nasional serta dasar bagi pemerintah pusat dan daerah untuk pemberian bantuan kepada sekolah yang antara lain mencakup program:
1.      Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari sumber APBN
2.      Bantuan Operasional Sekolah dari sumber APBD (BOSDA/BOSP)
3.      Rehabilitasi ruang belajar (ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dls)
4.      Dana Alokasi Khusus (DAK)
5.      Ruang Kelas Baru
6.      Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi
7.      Subsidi/tunjangan bagi guru
8.      Dan lain sebagainya    

DSC00051 resize
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kelengkapan data yang akan dikirim oleh sekolah akan menjadi dasar pemberian jenis dan besar bantuan dari pemerintah dan pemerintah daerah kepada masing-masing sekolah. Oleh karena itu, sekolah yang tidak memberikan data tidak akan dapat dialokasikan segala jenis bantuan kepada sekolah yang bersangkutan. Demikian juga, data yang tidak akurat, akan mengakibatkan ketidaktepatan jenis dan besar bantuan yang diberikan. Sekolah diharuskan memberikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, karena data tersebut akan dijadikan dasar untuk evaluasi dan audit kepada sekolah.
DSC00048 resize

Biala terjadi kesulitan dan pertanyaan terkait dengan proses pendataan, sekolah dapat menghubungi:
1.      Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing
2.      Menghubungi Tim Pendataan Kemdikbud:
·         Fax: 021-5725613
·         Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya
·         Web: infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id