Kami punya 1 tamu online
Beranda Program ASOSIASI PENGAWAS SEKOLAH INDONESIA (APSI)

ASOSIASI PENGAWAS SEKOLAH INDONESIA (APSI)

PDF Cetak Surel

 

Pengawas Sekolah atau Pengawas Satuan Pendidikan yang selanjutnya di sebut dengan istilah “Pengawas”. Pengawas mempunyai tugas menilai dan membina sejumlah sekolah yang menjadi binaannya baik dari segi akademik maupun manajerial, untuk melaksanakan tugas tersebut perlu peningkatan kualitas pengawas , oleh karena itu pengawas perlu melaksanakan musyawarah secara rutin yang membahas tentang permasalahan yang dihadapi dilapangan.

Pengawas adalah tenaga kependidikan profesional yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan pembinaan dan pengawasan pendidikan di sekolah baik bidang pengawasan akademik dan manajerial.

Untuk melaksanakan tugas kepengawasan perlu ada organisasi  yang mewadahinya, yang selama ini dikenal dengan sebutan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah TK/SD (KKPS TK/SD) Kelompok Kerja Pengawas Sekolah SMP (KKPS-SMP), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah SMA/SMK (KKPS-SMA/SMK) dan seluruh KKPS yang dikegiatan kerjanya secara intern Dinas Pendidikan dikoordinasikan oleh Seorang Pengawas yaitu Koordinator Pengawas Sekolah (KORWAS).

Pengawas Madrasah di Departemen Agama dikoordinir oleh Kelompok Kerja Pengawas Madrasah yang terdiri dari Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Ibtidaiyah (POKJA MI) Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Tsanawiyah (POKJA MTs) Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Aliyah (POKJA MA)

Untuk membantu eksistensi pengawas dalam melaksanakan tugas dilapangan dan perlindungan terhadap pelaksanaaan tugas sebagai pengawas dan menjembatasi hubungan kerjasama antara pengawas dari Dinas Pendidikan dan Pengawas Madrasah dari Departemen Agama, dan hal inilah yang mendorong lahirnya Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) di Jakarta, APSI di Provinsi dan APSI Kabupaten Labuhanbatu.

APSI Kabupaten Labuhanbatu Periode 2009 – 2014 telah dilaksanakan pelantikannya oleh APSI Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 11 Nopember 2009 di Suzuya Hotel rantauprapat.

Pengurus APSI Labuhanbatu Periode 2009-2014 dengan komposisi Ketua I, Ketua II, Drs. H. Tahmrin Siregar, Drs. H. Tarmizi Ilyas, Sekretaris I dan II, Drs. H. Bukhari Is, MM, Drs. Ali Musa Nasution, Bendahara I dan II Hj. Megawati, S.Pd. dan Hj. Nurjannah.

Bidang Pendidikan Agama : Drs. Abd. Jawad Batubara, Drs. Mahdan Siregar, Drs. Osman Pasaribu, Drs. Syahbella Rusdyn. Bidang Keorganisasian : Arifin Nasution, S.Pd., Dra. Hj. Syamsiah, Irwan Efendi Hasibuan, S.Pd. Kerjasama Dalam dan Luar Negeri serta Pendidikan SMK : Ir.Yakirin, S.Pd., Zulkifli Tanjung, MA, Basyarianto, S.Pd. Bidang Advokasi/Perlindungan Hukum : Drs. H.Maraposan Rambe, Gulma Lumban Tobing, S.Pd. Irwan, S.Pd. Bidang Humasy, Penerbitan Media Cetak dan elektronik : Alwi Rambe, S.Pd., Drs. Bermawi Nasti, H. Simardi, S.Pd. Bidang Diklat Pengawas dan Peningkatan Mutu Pendidikan : Misriani Ritonga, S.Pd. Drs. Taufik, Sole Ritonga, S.Pd. Bidang Pendidikan Guru dan Kelembagaan Pendidikan : Ratna Wilis AS, S.Pd. Drs. M.Yunas, H. Polma Tambunan, S.Pd. Zainuddin, S.Pd. Bidang Pendidikan TK/BA, SD/MI/MD/SLB : Kari Ummat Ritonga, S.Pd. Drs. Amda Ritonga, Suhairi, S.Pd. Bidang SMP/MTs, SMA/MA : Ibrahim, A.MPd. Drs. H. Gatot Subroto, Azry, S.Pd. Bidang LSM, Olahraga dan Generasi Muda : Rosmiati, S.Pd. Burhanuddin Harahap, S.Pd, Drs. H. Bendaharo. Bidang Pendidikan Kebudayaan, Seni dan Peranan Wanita : Dra. Elly Rihana, Hj. Wasniar, Hj. Dimpuani Harahap.

Dalam acara tersebut juga dilantik APSI daerah pemekaran Kabupaten Labuhanbatu, yaitu Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan Ketua Warohmatan, S.Pd. dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan dengan Ketua H. Saharuddin, S.Pd. Pembacaan SK APSI Provinsi Sumatera Utara oleh Drs. Syamsul Bahri, MM dan yang melantik Ketua I APSI Propinsi Sumatera Utara Drs. Harmen yang mewakili Ketua APSI Provinsi , Drs. Gunawan Ginting.

Dalam acara pelantikan tersebut di hadiri oleh Bupati Labuhanbatu H.T. Milwan dan Ketua TIM PenggeraK PKK Hj. Adelina T. Milwan. Dalam acara bimbingan dan arahannya Bupati mengatakan “untuk mencapai tugas pengawas sesuai dengan visi dan misi perlu didukung oleh sarana dan dana, untuk itu dana perjalanan pengawas supaya segera dialokasikan dan transportasi untuk APSI Labuhanbatu dicanangkan sebuah mobil doublecabin.

Drs. H. Bukhari Is, selaku Sekretaris APSI Kabupaten Labuhanbatu Periode 2009-2014 yang juga Koordinator Pengawas Sekolah (KORWAS) berharap kegiatan peningkatan kualitas pengawas di wilayah kabupaten Labuhanbatu dilaksanakan secara bersama-sama antara KORWAS dan APSI melalui Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) Labuhanbatu.

Untuk menindak lanjuti peningkatan kualitas melalui program MKPS, maka setiap hari senin diadakan diskusi yang membahas permasalahan yang dihadapi di lapangan, jari selasa s/d kamis pengawas sekolah melaksanakan kegiatannya pembinaan dilapangan, kecuali yang bertugas sebagai piket di Kantor Korwas dan hari jumat adalah hari silaturrahmi di Kantor Korwas/Pengawas dan untuk mempererat silaturrahmi setiap sebulan sekali diadakan kunjungan ke rumah anggota pengawas (home visit) secara bergiliran yang diisi dengan ceramah agama.

Untuk memperlancar kegiatan pengawas dalam melaksanakan tugas dilapangan perlu adanya dana antara lain : dana transportasi dari ibu kota kabupaten ke daerah dimana sekolah berada, dana operasional, untuk itu Bapak Bupati menganjurkan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk merealisasikan dana dimaksud. Dalam pertemuan terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu  menyatakan bahwa dalam waktu dekat ini (Nopember) akan dilaksanakan rehab/pembangunan kantor Pengawas Sekolah Kabupaten Labuhanbatu, semoga terwujud…… Amiiin.